Jadi Obat Alami, Ini Daftar Bahan Dapur untuk Obat Batuk

Jadi Obat Alami, Ini Daftar Bahan Dapur untuk Obat Batuk

qinf.net – Batuk menjadi salah satu penyakit yang tidak bisa dihindari dan bersifat musiman. Pastinya semua orang pernah merasakan batuk, terutama anak-anak. Meskipun terlihat sepele, batuk yang tak kunjung sembuh seringkali membuat dada terasa sakit. Apalagi jika batuknya susah dan berdahak. Menariknya, batuk termasuk dalam penyakit mudah disembuhkan. Tak perlu harus mengkonsumsi obat, Anda bisa menggunakan bahan alami dan tidak menyebabkan ngantuk. Berikut beberapa bahan dapur untuk obat batuk.

Bahan Dapur untuk Obat Batuk

  • Kencur

Kencur merupakan bahan dapur yang sudah tidak asing lagi untuk mengobati batuk. Tak hanya untuk mengatasi batuk, kencur juga efektif meredakan flu. Kencur mengandung bahan-bahan bermanfaat untuk atiinflamasi, antihipertensi serta mengendalikan rasa sakit.

Untuk meredakan batuk, Anda hanya perlu memakannya secara langsung. Selain itu, bisa juga diserut atau digeprak dan dimasukkan ke dalam air hangat. Tambahkan sedikit garam dan minum airnya.

  • Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan bahan dapur kaya manfaat dengan kandungan terpenoid, tangeritin, minyak atsiri dan beragam khasiat lainnya untuk meredakan batuk maupun mual. Untuk mengobati batuk, air perasan jeruk nipis bisa dicampur dengan kecap manis dan sedikit gama kemudian diminum langsung. Lakukan secara teraturĀ  kali sehari untuk hasil optimal.

  • Jahe

Jahe memiliki kandungan minyak atsiri untuk meredakan batuk. Selain itu, jahe juga baik untuk mengatasi analgesik yaitu nyeri akibat batuk. Bahkan jahe juga bisa menyembuhkan kembung maupun meredakan panas.

Untuk obat batuk, Anda bisa memasukkan 1 ruas jahe ke dalam satu gelas air hangat dan diminum. Selain itu, bisa juga mencampurkan sari jahe dan kencur untuk diminum 3 kali sehari. Obat ini ampuh untuk batuk kering maupun berdahak.

  • Air Garam

Selain rempah-rempah di atas, garam dapur juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengobatan batuk. Garam ini berfungsi untuk menghilangkan gatal-gatal pada tenggorokan. Cara pengobatannya hanya dengan berkumur menggunakan air garam dengan proporsi Ā½ sendok teh garam pada 250 ml air hangat.

Baca juga : Penting, Berikut Adalah Manfaat Air Putih untuk Kesehatan Tubuh

  • Madu

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, madu terbukti bisa meredakan batuk lebih efektif daripada obat dextromethorphan. Bahkan, madu juga bisa meredakan sakit pada tenggorokan. Saat batuk, minumlah madu yang dicampur dengan lemon dan air hangat.

  • Peppermint

Permen mint seringkali dijadikan sebagai pelega tenggorokan. Nah, sedangkan bahan dapurnya sendiri yaitu peppermint bisa meredakan batuk dengan cara mengencerkan lendir pada tenggorokan. Anda bisa meminumnya dalam bentuk teh peppermint.

  • Tymi Herba

Terakhir, Anda juga bisa meredakan batuk dengan bantuan daun Thyme. Ekstrak daun ini dipercaya dapat menyembuhkan batuk maupun bronchitis akut karena mengandung flavonoid. Sama seperti peppermint, Anda bisa mengkonsumsinya dalam bentuk teh.

Nah, itulah beberapa bahan dapur untuk obat batuk yang bisa dijadikan pilihan. Kira-kira mana yang paling efektif untuk tubuh Anda?